Senin, 28 Februari 2011

INSOMNIA~

Akhir-akhir ini aku kebiasaan tidur malem nih. Kalian juga gitu gaaa? Kenapa sih gara-gara nya? Padahal mah badan udah pegel abis ngelakuin aktifitas seharian, udah pengen tidur tapi mata ga bisa merem ._.

Tapi aneh nya selalu bangun pagi, ga pernah telat ga pernah kesiangan.

Karena ga enak tidur malem terus-soalnya yang lain udah pada tidur, jadi sendirian deh haha-aku nyari solusi dari berbagai sumber, sepertinya diriku terkena insomnia. Itu tuh penyakit bukan sih? Kalo iyaaa.....takut (?)-_-

Bagi yang susah tidur atau mengalami insomnia juga, ada beberapa langkah yang sederhana untuk mengatasi kesulitan tidur dan itu dapat kita lakukan sendiri :

1. Mula-mula tentukan waktu tidur dan bangun secara teratur. Tidur pada saat yang berubah-ubah akan membuat tubuh kondisi siaga. Akibatnya, tubuh selalu dalam keadaan tegang.

2. Kalo kamu termasuk orang yang sulit tidur, tidak dianjurkan tidur pada siang hari. Tidur siang hari akan mengurangi kebutuhan tidur pada malam hari. Akibatnya pada malam hari menjadi sulit tidur.

3. Tempat tidur sebaiknya digunakan untuk tidur. Bukan untuk kegiatan lain seperti menonton TV, menulis surat dan sebagainya.

4. Jangan menggunakan peralatan elektronik serta ponsel menjelang tidur.

5. Latihan olahraga dapat membantu mengatasi sulit tidur. Lakukan olahraga pada sore hari atau setelah matahari terbenam, tetapi 2-3 jam sebelum waktu tidur yang telah ditentukan harus telah selesai berolahraga . Latihan olahraga mendekati waktu tidur justru akan mengganggu tidur malam hari.

6. Hindarkan makanan dan minuman tertentu. Makanan kecil yang manis, sebaiknya dihindari sebelum tidur. Demikian pula minuman yang mengandung alkohol, teh serta kopi hams dihindari, terutama sore hari.

7. Dianjurkan mandi air hangat dan minum susu hangat menjelang tidur dan kecilkan lampu atau padamkan lampu penerangan di kamar.

-Di ambil dari berbagai sumber-

Let's check it!!! (Sesuai yang diatas ya)

1. Ga ngerti maksud suruhannya hehehe.

2. Kalo yang ini sih aku sering banget tidur siang-hari jum'at sabtu minggu-soalnya kan pulang siang tuh dan karna ga ada les atau apa akhirnya mah tidur. Berarti mulai sekarang kurangi tidur siang, apa jangan tidur siang ya? Tapi kalo ngantuk gimana?-_-

3. Wah kalo ini...aku paling seringnya ngerjain pr, belajar, baca novel atau majalah di tempat tidur. Gimana dong? Abis enak sih, empuk~

4. Ini... kadang kalo mau tidur tetep main hape, maksudnya kan biar ngantuk dan cepet tidur gitu hehehe -___-v

5. Langkah yang satu ini mah ga pernah aku lakuin... pulang sekolah aja sore, belum kalo les. Ga ada waktu buat olahraga nya. Waktu itu mah sering main basket kalo pulang sekolah sama Nina, Dayana, Diva, Teh Gifty-mereka temen rumah-tapi sekarang udah jarang malah ga pernah karena sibuk kegiatan masing-masing #curhat-,-

6. Makanan kecil yang manis? Apa aja tuh ya? Suka ga sadar sih makan apa aja sebelum tidur, yang penting mah kalo mau makan hehehe berarti ini juga harus dikurangi nih biar ga insom lagi ckck

7. Mandi air hangat mah engga hehe tapi kalo minum susu hangat sebelum tidur mah sering, tapi kok tetep suka susah tidur ya?-_- kalo matiin lampu kamar pas tidur mah selalu :)

Nah, bagaimana dengan kalian?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar